Senin, 04 Oktober 2010

ILMU ALAMIAH DASAR, ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA

PENGERTIAN ILMU ALAMIAH DASAR

Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science)merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip
Manusia yang mempunyai rasa ingin tahu terhadap rahasia alam mencobamenjawab dengan menggunakan pengamatan dan penggunaan pengalaman, tetapisering upaya itu tidak terjawab secara memuaskan. Pada manusia kuno untukmemuaskan mereka menjawab sendiri. Misalnya kenapa ada pelangi merekamembuat jawaban, pelangi adalah selendang bidadari atau kenapa gunung meletusjawabannya karena yang berkuasa marah. Dari hal ini timbulnya pengetahuan tentangbidadari dan sesuatu yang berkuasa. Pengetahuan baru itu muncul dari kombinasiantara pengalaman dan kepercayaan yang disebut mitos.
from → Uncategorized

PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR

Ilmu social dasar ( ISD ) adalah ilmu pengetahuan yang menelaah masalah – masalah social yang timbul dan beIlmu social dasar ( ISD ) adalah ilmu pengetahuan yang menelaah masalah – masalah social yang timbul dan berkembang, khususnya yang diwujudkan oleh warga Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social.
Pengertian masalah social
Pengertian masalah social ada 2, yaitu :
•Warga umum ( awam )
Segala sesuatu yang berhubungan dengan kepentingan umum adalah masalah social.
•Menurut ahli masalah social
Suatu kondisi atau perkambangan yang berwujud dalam masyarakat yang mempunyai sifat yang dapat menimbulkan kekacauan terhadap kehidupan warga masyarakat secara keseluruhan.
Contohnya : pedagang kaki lima di kota –kota besar.
c.Tujuan ilmu sosial dasar :
•Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
•Membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian warga Indonesia agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas.
•Warga Indonesia memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dalam masyarakat.
•Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka.
•Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha menanggulanginya.
•Menyadari bahwa setiap masalah yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks.
d.Pengertian ilmu social dasar di perguruan tinggi
Ilmu social dasar adalah salah satu mata kuliah softskill yang merupakan mata kuliah yang wajib diberikan di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Mata kuliah ini menitik beratkan pada usaha untuk mengembangkan kepribadian para mahasiswa, berbeda dengan mata kuliah bantu adalah yang bertujuan untuk menopang keahlian dalam disiplin ilmunya.
Tags: TUGAS ISD

PENGERTIAN ILMU BUDAYA
Secara sederhana IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.
contoh: di daerah jogjakarta masih ada yang melakukan kejawen sebagai budaya yang telah turun temurun.

Materi IBD pdf Download di sini
DIarsipkan di bawah: GURU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar